Tips Menjaga Kesehatan pada Musim Pancaroba

Akhir-akhir ini beberapa wilayah di Indonesia tengah mengalami gejala perubahan musim yang sedikit ekstrem. Musim pancaroba sendiri dapat diartikan sebagai peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan maupun sebaliknya, dari musim hujan ke musim kemarau. Biasanya terjadi pada bulan Maret – April, dan September – Oktober. Musim pancaroba sering disebut musimnya penyakit karena pada waktu tersebut sumber penyakit akan banyak bermunculan dan menyerang sistem kekebalan tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan pada Musim Pancaroba

Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit selama musim pancaroba, diperlukan banyak hal dan persiapan yang tepat supaya sumber penyakit tidak mempan melawan pertahanan tubuh kita. Apa saja yang sekiranya perlu kita lakukan?

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan adalah sumber utama energy untuk tubuh dapat melakukan aktivitas dengan baik. Zat-zat penting dalam makanan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Utamakan mengonsumsi makanan yang mencakup gizi sempurna dan seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, zat besi dan vitamin. Sumber vitamin seperti yang terkandung dalam buah-buahan merupakan salah satu senjata kuat dalam menjaga kekebalan tubuh dari penyakit.

  • Perbanyak Air Putih

Jangan pernah menyepelekan air putih. Minum secukupnya air putih atau delapan gelas sehari akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk sistem pencernaan. Minum banyak air putih akan melancarkan sistem pencernaan yang sering terganggu akibat sembelit atau maag. Selain untuk pencernaan, minum air putih juga bagus untuk merawat kulit. Kondisi musim yang ektrem dapat merusak kulit, oleh karenanya minum 8 gelas air putih sehari akan membantu merawat dan mengembalikan kulit yang rusak.

  • Berolahraga

Agaknya sulit melakukan olahraga terlebih bagi kaum muda yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari yang padat. Namun sudah bukan rahasia lagi jika berolahraga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh terlebih ketika musim pancaroba datang. Tidak harus dengan olahraga yang mengharuskan datang ke gym atau tempat khusus berolahraga, kita bisa melakukan olahraga kecil di rumah dalam waktu yang singkat seperti senam atau berlari-lari kecil selama 30 menit sehingga tubuh akan lebih segar dan penyakit akan sukar menyerang.

Tips di atas sangat mudah dilakukan, bukan? Jika mengikuti tips tersebut secara rutin niscaya kita akan dapat melewati musim pancaroba dengan tenang tanpa serangan penyakit.